JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH MEDIA PERMAINAN BERGAMBAR DIRECTOR DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENERJEMAHKAN TEKS BAHASA ARAB

Euis Hidayati (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitasa Sultan Ageng Tirtayasa)
Chusaery Rusdy Syarif (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitasa Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media permainan bergambar director dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menerjemahkan teks bahasa Arab. Objek pada penelitian adalah siswa MTsN Banjarsari Kabupaten Lebak tahun pelajaran 2013/2014. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2X2. Sampel terdiri dari 60 siswa (kelas eksperimen 30 siswa dan kelas kontrol 30 siswa). Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes penguasaan kosakata dan tes kemampuan menerjemahkan teks bahasa Arab. Teknik analisis data menggunakan Uji Anova Dua Jalur. Dari penelitian ini menggambarkan bahwa penggunaan media permainan bergambar director dan penguasaan kosakata berpengaruh terhadap kemampuan menerjemahkan teks bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN Banjarsari. Penelitian ini mencoba untuk meningkatkan kemampuan menerjemahkan teks bahasa Arab. Kata kunci: Media Permainan Bergambar Director, Penguasaan Kosakata, Kemampuan Menerjemahkan Teks Bahasa Arab.

Copyrights © 2014