JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Ade Sumarlia (Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yayat Ruhiat (Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Fadlullah Fadlullah (Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2021

Abstract

Pengembangan media untuk pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, terus dilakukan melalui berbagai basis dan metode. Dalam penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis prezi. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode riset dan development (R&D). Pengembangan media pembelajaran focus pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam bagi peserta didik kelas VII. Untuk mengetahui koherensi antara media dan materi, dilakukan uji validitas oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validitas produk oleh ke dua ahli diperoleh kategori sangat layak. Dari ahli media diperoleh nilai sebesar 89% dan ahli materi sebesar nilai 80%. Selanjutnya, untuk mengetahui efektivitas media terhadap materi pelajaran, dilakukan uji coba di SMPIT. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh kategori layak dengan nilai sebesar 71%. Berdasarkan hasil analisis kedua ahli serta uji coba pada peserta didik, bahwa media pembelajaran berbasis prezi telah memenuhi kriteria untuk digunakan sebagai media untuk pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Kata kunci: media pembelajaran, berbasis Prezi, produk media, metode R&D, koherensi media dan materi, memenuhi kriteria

Copyrights © 2021