JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERKOMUNIKASI DALAM BAHASA INGGRIS MELALUI PENILAIAN DIRI DAN PENDIDIKAN KARAKTER

Suwandi Suwandi (MTs Darel Azhar Rangkasbitung)
Aceng Hasani (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan model pembelajaran bahasa Inggris, implementasi, penilaian diri, dan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan Pengembangan model pembelajaran bahasa Inggris di kelas VII pada taksonomi pemahaman meliputi kompetensi struktur bahasa, unsur bahasa, dan fungsi sosial bahasa Inggris. Implikasi pengembangan model pembelajaran bahasa Inggris meliputi pengembangan tujuan pembelajaran, pengembangan karakteristik peserta didik, pengembangan materi pelajaran, pengembangan strategi pembelajaran dan pengembangan penilaian. Penilaian diri merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Sebagian besar peserta didik memiliki sikap spiritual dan sikap sosial baik.Program pengembangan karakter disusun secara sistematis meliputi strategi, metode, dan kegiatan pengembangan karakter. Dasar pendidikan karakter adalah agama, biologis,  psikologis, sosial dan akhlak. Peserta didik memiliki karakter spiritual, tanggung jawab, jujur, disiplin, kerja sama dan peduli yang sangat baik. Kata Kunci : pengembangan model pembelajaran, penilaian diri, pendidikan karakter

Copyrights © 2015