Pendidik anak usia dini ‘Aisyiyah dalam melakukan pengenalan Al Islam dan Kemuhammadiyahan pada peserta didik masih banyak dalam bentuk kegiatan pembiasaan. Pendidik dalam membuat perencanaan pembelajaran pengembangan Al Islam dan Kemuhammadiyahan hanya fokus pada kompetensi Dasar Nilai Agama dan Moral (NAM) dan difokuskan pada sentra tertentu atau sentra agama (imtaq). Pengenalan Al Islam dan Kemuhammadiyahan pada pendidikan anak usia dini dikembangkan melalui kurikulum 2013. PAUD yang bermuatan AL Islam dan Kemuhammadiyahan, sesuai visi,misi dan tujuan pendidikan anak usia dini ‘Aisyiyah dalam bentuk buku pedoman model perencanaan pembelajaran. Pendekatan dan metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan model BORG and Gall dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Skala yang digunakan adalah skala Likert. Subjek penelitian sebanyak 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pedoman pengembangan perencanaan pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan layak digunakan dengan nilai sebesar 82% diperoleh dari ahli Al Islam dan Kemuhammadiyahan dan nilai sebesar 68% diperoleh dari ahli kurikulum pada draf pertama. Ahli kurikulum pada draft ke dua setelah revisi memberikan nilai sebesar 87%. Buku pedoman pengembangan pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik dengan observasi awal sebesar 44,86% (30 responden ) kemudian meningkat setelah diujicoba dengan buku pedoman pada tahap pertama sebesar 83,2% (10 responden) dan tahap kedua sebesar 84,8% (20 responden). Dengan demikian buku pedoman pengembangan perencanaan pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan mampu meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik. Kata Kunci : buku pedoman, Al Islam dan Kemuhammadiyahan, perencanaan pembelajaran, kompetensi pedagogik
Copyrights © 2020