JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MELALUI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPETENSI GURU

Henny Setiani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Yayat Ruhiat (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Luluk Asmawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan teknologi informasi dengan kompetensi guru dan efektivitas pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teori Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dan pendekatan analisis korelasi. Sampel diambil sebanyak 89 guru yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) melalui program SmartPLS versi 2.3.m3. Hasil pengujian menunjukkan ada hubungan langsung yang signifikan antara kemampuan teknologi informasi dengan kompetensi guru dan efektivitas pengelolaan pembelajaran, dan ada hubungan yang signifikan antara kompetensi guru dengan efektivitas pengelolaan pembelajaran. Kata kunci: Kompetensi, Pengelolaan Pembelajaran, dan Kemampuan Teknologi Informasi

Copyrights © 2020