JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 4 SDN TAKTAKAN I

Endang Susilowati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sholeh Hidayat (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sholih Sholih (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa dan mendeskripsikan Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SDN Taktakan 1 Kota Serang. Adapun sampel penelitian berjumlah 80 siswa merupakan peserta didik kelas 4A dan kelas 4B. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain pre experimental IntactGroup Comparison Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas 4. Kelompok siswa dengan keaktifan belajar tinggi memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi dari pada kelompok siswa dengan keaktifan belajar rendah. Dilihat dari Nilai Sig 2- tailed 0,000 < probabilitas 0,05 dan nilai thitung 3,851 > t tabel 1,990 menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan. Analisis data menunjukkan adanya pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang keaktifan belajarnya tinggi dan kelompok siswa yang keaktifan belajarnya rendah yang dapat dilihat dari nilai sig. 0,000 < 0,05, berarti keaktifan belajar siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa . Besar pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa dilihat dari nilai R Square 0,551, dapat diartikan bahwa besar pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa 55,1%.Kata Kunci : keaktifan belajar siswa, hasil belajar, mata pelajaran IPS

Copyrights © 2021