JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

HUBUNGAN DIKLAT PENINGKATAN KOM PETENSI PEMBELAJARAN (PKP) DAN EFIKASI DIRI DENGAN KINERJA GURU

Husnul Hotimah (Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Suherman Suherman (Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
M. Syadeli Hanafi (Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan diklat PKP dan efikasi diri dengan kinerja guru di SDN kecamatan Ciomas. Dari populasi guru SDN di kecamtan Ciomas yang berjumlah 250 orang , sebanyak 71 guru diambil sebagai sampel penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunkan pendekatan survei dan angket sebagai alat pengumpul data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) secara persial diklat PKP memiliki hubungan positif dan signifkan dengan kinerja guru, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,457 >  0,233, nilai sig. 0,031<0,05 dan  5,414 >  1,667. Hal ini menunjukan bahwa diklat PKP dengan kinerja guru memiliki hubungan yang sedang. 2) efikasi diri memiliki hubungan positif dan signifkan dengan kinerja guru, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,649 >  0,233, nilai sig. 0,036<0,05 dan  6,740 >  1,667. Hal ini menunjukan bahwa efikasi diri dengan kinerja guru memiliki hubungan yang kuat. 3) diklat PKP dan efikasi diri secara bersama-sama memiliki hubungan positif dan signifkan dengan kinerja guru, dengan nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,467 >  0,233, nilai sig. 0,007<0,05 dan  5,292>  3,13, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa diklat PKP yang efektif dan efikasi diri yang positif dapat meningkatkan kinerja guru. Kata Kunci : Diklat PKP, Efikasi diri dan Kinerja guru

Copyrights © 2021