JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 4, No 1 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM DAN DISIPLIN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Dimas Hadi Prasetyo (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sjaifuddin Sjaifuddin (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Masrupi Masrupi (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran menggunakan media film dibandingkan pembelajaran menggunakan media cetak terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas X SMK Anisa Kabupaten Tangerang; (2) pengaruh kedisiplinan siswa tinggi dibandingkan kedisiplinan siswa rendah terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas X SMK Anisa Kabupaten Tangerang; (3) interaksi pengaruh antara pembelajaran menggunakan media film dan kedisiplinan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris. Sampel dalam Penelitian ini berjumlah 52 siswa yang terdiri dari 26 siswa di kelas yang melakukan pembelaajaran dengan menggunakan media film dan 26 siswa di kelas yang menggunakan media cetak. Instrumen yang digunakan adalah instrument disiplin siswa dan hasil belajar bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dan uji hipotesis dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian diperoleh: (1) terdapat pengaruh penggunaan media film terhadap hasil belajar Bahasa inggris Hal tersebut diperoleh dari nilai probabilitas atau signifikansi pada aspek kognitif 0,001 < 0,05, aspek afektif 0,003 < 0,05 dan aspek psikomotor 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. (2) terdapat pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar Bahasa Inggris; Hal tersebut diperoleh dari nilai probabilitas atau signifikansi pada aspek kognitif 0,006 < 0,05, aspek afektif 0,000 < 0,05, aspek psikomotor 0,000 <0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima (3) terdapat pengaruh interaksi antara media film dan kedisiplinan terhadap hasil belajar Bahasa Inggris; Hal tersebut diperoleh dari nilai probabilitas atau signifikansi pada aspek kognitif 0,045 < 0,05, pada aspek afektif 0,042 < 0,05, pada aspek psikomotor 0,014 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.Kata Kunci: Media Film, Disiplin Siswa, Hasil Belajar Siswa.

Copyrights © 2017