Tujuan Penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan penguasaan kosakata anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media CD pada anak TK Al – Fatah Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC Taggart meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Keefektipan tindakan pada setiap siklus diukur dari hasil observasi dan tes lisan.Dari hasil observasi dideskripsikan, diinterpretasikan, kemudian direfleksi untuk menentukkan tindakan perbaikan pada siklus berikutnya.Penelitian yang dilakukkan sebanyak tiga siklus ini terdapat peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan berbicara dan penguasaan kosakata anak melalui metode bercerita menggunakan media CD. Dari hasil analisis terdapat ketuntasan belajar dari tiap siklus, kemampuan berbicara anak pada siklus I mencapai 45,1 %, siklus II naik menjadi 63,3 %, dan siklus III naik menjadi 80,3 %. Untuk penguasaan kosakata anak pada siklus I mencapai 48,3 %, pada siklus II naik menjadi 67,6 % dan siklus III naik menjadi 83,5 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media CD melalui metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan penguasaan kosakata anak kelompok A TK Al – Fatah Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Tahun Pelajaran 2013 – 2014. Kata kunci :Media CD, Metode Bercerita, Kemampuan Berbicara,Penguasaan Kosakata.
Copyrights © 2014