JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR

Khuzaemah Khuzaemah (Teknoologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Rahman Abdullah (Teknoologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Luluk Asmawati (Teknoologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kimia. Penelitian dilaksanakan pada sejumlah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tirtayasa dengan dua kelas sampel. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan disain faktorial 2x2. Untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar kimia. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik ANOVA dua jalur dan uji lanjut dengan Uji Tukey. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS; 2) terdapat perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dengan siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah; dan 3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kimia. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif,  NHT, TPS, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Copyrights © 2014