JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PEMANFAATAN MEDIA CETAK TERHADAP HASIL BELAJAR

Iqro Nuriman (SMA Negeri 1 Maja)
Sjaifuddin Sjaifuddin (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran NHT dan pemanfaatan modul pembelajaran sebagai media cetak dan pengaruh interaksi kedua variabel tersebut. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel terdiri dari 140 siswa yang dibagi menjadi empat kelompok, masing – masing kelompok terdiri dari 35 siswa.  Uji validitas dari 45 soal terdapat 25 butir soal yang valid dengan nilai reliabilitas sebesar 0,858. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar untuk aspek kognitif (Fhitung = 31,34), afektif (Fhitung = 13,69) dan psikomotor (Fhitung = 40,09) lebih besar dari nilai Ftabel (3,92). (2) terdapat pengaruh pemanfaatan modul pembelajaran terhadap hasil belajar untuk aspek kognitif (Fhitung = 27,48), afektif (Fhitung = 10,87) dan psikomotor (Fhitung = 21,86) lebih besar dari nilai Ftabel (3,92). (3) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran NHT dan pemanfaatan modul pembelajaran terhadap hasil belajar untuk aspek kognitif (Fhitung = 14,60), afektif (Fhitung = 8,63) dan psikomotor (Fhitung = 10,33) lebih besar dari nilai Ftabel (3,07). Sehingga secara umum terlihat bahwa model pembelajaran NHT dan pemanfaatan modul pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar fisika. Kata kunci: Numbered Head Together, Modul Pembelajaran, Hasil Belajar

Copyrights © 2014