JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK BERBASIS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Yunita Engriyani (SD Negeri Penancangan 1 Kota Serang)
Syadeli Hanafi (Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
M Hosnan (Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2019

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan modul dan dihasilkan produk modul tematik melalui pembelajaran berbasis masalah yang layak untuk siswa kelas IV SD, yang dapat digunakan sebagai penunjang sumber belajar mandiri bagi siswa. Prosedurpengembangan ini mengacu pada model pengembangan (research and development) ADDIE. Pengembangan modul tematik melalui pembelajaran berbasis masalah ini dilakukan dengan 5 tahapan, Subjek ujicoba adalah siswa kelas IV SD Negeri Panancangan 1 Kota Serang, yang terdiri dari ujicobalapangan awal 4 siswa, ujicoba lapangan 8 siswa, ujicoba pelaksanaan lapangan 20 siswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Data dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dimulai dengan tahap pertama analisis kebutuhan dilakukanmelalui wawancara yaitu menggali informasi untuk mengetahui permasalahan-permasalahan di kelas, tahap kedua desain kerangka modul, penentuan sistematika, perencanaan alat evaluasi dan untuk mendesain yaitus oftware corel draw x7 dan Microsoft word 2010, tahap ketiga pengembangan bentukawal produk yaitu menyusun komponen modul, membuat desain modul, kemudian hasil pengembangan bentuk awal produk dilakukan ujicoba kelayakaan oleh ahli materi dan ahli media, tahap keempat ujicoba lapangan, tahap kelima melakukan evaluasi untuk mengetahui kelayakan modul diterapkan kepada siswa. Pada penelitian ini diperoleh produk akhir berupa modul tematik melalui pembelajaran berbasis masalah yang layak untuk digunakan. Hal ini dibuktikan dari hasil penilaian produk oleh ahli materi dinyatakan sangat baik (4,50), hasil penilaian produk oleh ahli media dinyatakan baik (3,72). Hasil ujicoba lapangan awal dinyatakan layak (0,89), hasil ujicoba lapangan dinyatakan layak (0,96) dan hasil ujicobapelaksanaan lapangan dinyatakan layak (0,98) dan aktivitas belajar siswa cukup aktif (3,90) dan hasilbelajar siswa yang meningkat dengan rata-rata (77,5). Kata kunci: Modul Tematik, Pembelajaran Berbasis Masalah, Sekolah Dasar.  

Copyrights © 2019