JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASS ROOM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ucu Suhayati (Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Isti Rusdiani (Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Cucu Atikah (Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas VI SDN Kadu Beureum I Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada siswa dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 21,7%. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada siswa dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 39,3%. 3) Pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi google classroom dan motivasi belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar pada siswa dengan kontribusi pengaruhnya sebesar 43,7%.Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Google Classroom, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Copyrights © 2021