JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 9, No 2 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGEMBANGAN E-MODUL TEMATIK SEKOLAH DASAR BERMUATAN KEARIFAN LOKAL SUKU BADUY DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE BOOK CREATOR DI SDN 1 CIPARASI KABUPATEN LEBAK

Pendi Septiadi (Unknown)
Sudadio Sudadio (Unknown)
Lukman Nulhakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul Tematik Sekolah Dasar bermuatan konten kearifan lokal masyarakat adat Suku Baduy Luar Kabupaten Lebak. Penelitian ini menggunakan model  Research and Development (R&D) model Brog dan Gall. Subjek  penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 1 Ciparasi Kabupaten Lebak. Instrumen yang digunakan yaitu instrument kelayakan e-modul, instrumen efektivitas produk dan instrumen respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil pengukuran kelayakan produk berdasarkan aspek materi dan aspek multimedia memperoleh nilai rata-rata 90% dengan kategori sangat layak. Efektivitas produk diukur berdasarkan aspek kualitas, kuantitas dan relevansi memperoleh nilai rata-rata 88% dengan kategori sangat efektif. Hasil respon siswa memperoleh rata- rata 80% menyatakan bahan ajar yang dikembangkan sangat menarik dan 10% menyatakan menarik. Secara keseuruhan e-modul yang dikembankan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar siswa Sekolah Dasar Kelas IV.

Copyrights © 2022