JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 3, No 1 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN KEMAMPUAN MEMBUAT PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR

Dwi Pujianti (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Chusaery Rusdi Syarif (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Suroso Mukti Leksono (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD  dan kemampuan membuat peta konsep terhadap hasil belajar biologi siswa kelas x di SMK Muhammadiyah Cilegon.  Populasi penelitian ini adalah siswa kelas x jurusan keperawatan dengan sampel berjumlah 48.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2015.  Metode penelitian menggunakan Quasi Eksperimen dengan desain by level dan menggunakan analisis Anova dua jalur.   Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar biologi yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvesional. Serta terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kemampuan membuat peta konsep. Kata kunci: STAD, Peta Konsep, Hasil Belajar

Copyrights © 2016