JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE SQ3R

Riseu Luginawati (MTs Al-Khariyah Citangkil)
Syadeli Hanafi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Luluk Asmawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan  pembelajaran IPA dengan metode SQ3R (2) mengetahui hasil belajar peserta didik (3) efektifitas pengembangan pembelajaran (4)  mengetahui sintaks pengembangan pembelajaran IPA yang diterapkan pada siswa kelas IX MTs Al-Khairiyah Citangkil. Penelitian ini adalah  penelitian pengembangan  model 4D . Pengembangan pembelajaran IPA berdasarkan  penelitian awal adalah menghasilkan  RPP dan LKS bagi siswa kelas IX yang berisi materi Bioteknologi Modern tanaman Hidroponik. RPP dan LKS  dalam penelitian pengembangan ini melalui  uji ahli materi dan  ahli media. Penentuan Siswa kelas IX  yang dinilai aktifitas pembelajarannya   terdiri dari 20 orang . Teknik pengumpulan data dilakukan dengan validasi ahli dan observasi. Observasi  ini digunakan untuk menilai aktivitas siswa pada saat pembelajaran yang dikembangkan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pada uji coba lapangan pengembangan pembelajaran dengan metode SQ3R hasil  refleksi pembelajaran  siap digunakan, hasil belajar pada uji coba mengalami peningkatan dari 76 pre test menjadi 81 dengan indeks gain dari 0,39 kriteri sedang menjadi 1,78  katagori tinggi sehingga pembelajaran efektif telah terjadi peningkatan hasil belajar. Peningkatan hasil belajar didukung dengan kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan pada uji coba dari siwa yang cukup kritis 60% menjadi siswa dengan kemampuan kritis  sebesar 55% sehingga dikatagorikn siswa memiliki kemampuan berpikir kritis siswa kuat dengan sintaks pembelajaran scientific yang telah dirancang.Dengan demikian pengembangan pembelajaran IPA yang dilakukan baik dilakukan karena memberikan pemahaman pada siswa kelas IX mengenai materi yang yang diberikan.Kata kunci : Keterampilan Science, Metode SQ3R, Hasil Belajar, Berpikir Kritis.

Copyrights © 2019