JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

IMPLEMENTASI METODE EKSPERIMEN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN LITERASI SAINS ANAK USIA DINI

Maya Laela Sari (Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Luluk Asmawati (Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Cucu Atikah (Teknologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) tahap persiapan metode eksperimen untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak usia 5-6 tahun di TK YPWKS II  (2) penerapan metode eksperimen untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak 5-6 tahun di TK YPWKS II Kota Cilegon,  (3) tahap evaluasi penerapan metode eksperimen untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak usia 5-6 tahun  di TK YPWKS II  Kota Cilegon.    Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif naturalistik. Subjek penelitian adalah Kepala sekolah, guru dan anak- anak TK YPWKS II usia 5-6 tahun sebanyak 17 anak dengan lokasi penelitian di TK YPWKS II Kota Cilegon. Dengan menggunakan penelitian kualitatif naturalistik dan diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap Persiapan dengan mempersiapkan segala rencana seperangkat pembelajaran,pelaksanaan pembelajaran serta penilaian pembelajaran maka metode eksperimen dapat dilakukan dengan baik dan optimal untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak usia 5-6 tahun di TK YPWKS II (2) Pelaksanaan metode eksperimen dalam percobaan sains untuk mengembangkan keterampilan proses sains dan literasi sains anak usai 5-6 tahun di TK YPWKS II Kota Cilegon yaitu semangat dan rasa ingin tahu anak terhadap percobaan sains berkembang dengan optimal dilihat dari kegiatan anak yang aktif dalam proses penyelidikan percobaan eksperimennya serta mengetahui banyak tentang proses perubahan fisika dan kimia dalam eksperimen sains yang dilakukan anak TK YPWKS II , (3) Tahap evaluasi yang terarah dapat menghasilkan penilaian yang otentik dan sesuai dengan tingkat capaian perkembangan anak usia dini.  Kata Kunci : Metode eksperimen, keterampilan proses sains, literasi sains

Copyrights © 2021