JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT

Riswan Ristiawandi (SMAN 1 Bayah Kabupaten Lebak Banten)
Aceng Hasani (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament. Penelitian ini menggunakan metode PTK, dengan model Kemmis Taggart, bertempat di SMAN 1 Bayah Kabupaten Lebak. Penelitian dilaksanakan pada akhir bulan September sampai awal bulan Desember 2013. Subjek penelitian terdiri dari peneliti dan implementasi model pembelajaran Team Games Tournament dan Hasil Belajar sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara objeknya adalah siswa kelas XI IPS 2 SMAN 1 Bayah berjumlah 32 siswa terdiri dari 23 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukan bahwa: implementasi model pembelajaran Team Games Tournament dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn siswa kelas XI di SMAN 1 Bayah Kabupaten Lebak. Kata kunci : Model Pembelajaran Team Games Tournament, Aktivitas, Hasil Belajar PKn.

Copyrights © 2014