JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENINGKATAN KUALITAS LULUSAN MAGISTER TEKNOLOGI PEMBELAJARAN RELEVANSI DALAM DUNIA KERJA MELALUI TRACER STUDY ANGKATAN 2012.1 SAMPAI DENGAN ANGKATAN 2016.2

Luluk Asmawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sholeh Hidayat (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2018

Abstract

Tujuan jangka panjang meliputi: (1) untuk mendapatkan pengakuan kualitas pembelajaran di masyarakat, (2) untuk memacu program studi agar senantiasa mempertahankan dan terus meningkatkan kualitas pengelolaan program studi, (3) untuk mempermudah mendapatkan bantuan penelitian, grant, atau bentuk lain dari pemerintah atau swasta. Target khusus yaitu: (1) meningkatkan kualitas akademik, (2) menunjukkan akuntabilitas, (3) mendorong perubahan yang diperlukan untuk perbaikan, (4) terus-menerus melakukan penilaian dalam praktik pembelajaran untuk memperoleh akreditasi yang terbaik. Metode penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil sampel dengan snowball sampling. Pengambilan data dengan teknik kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik dengan menggunakan tabulasi dan visualisasi dalam bentuk gambar dan grafik. Temuan hasil penelitian meliputi: (1) program studi mampu mengetahui lokasi bekerja alumni segabai guru PNS, pengelola sekolah atau yayasan, pegawai pemerintahan, dan pegawai swasta, (2) pengguna lulusan berdasarkan hasil kuesioner menyatakan mayoritas puas dengan kinerja lulusan Magister Teknologi Pembelajaran, (3) berdasarkan saran dan masukan program studi harus menambah materi pembelajaran TIK/ICT dan program magang di lembaga diklat. Kesimpulan hasil tracer study dan stake holder memberikan data untuk program studi Teknologi Pembelajaran untuk menyempurnakan isi materi perkuuliahan yang telah ada.Kata kunci: Tracer Study, Magister Teknologi Pembelajaran

Copyrights © 2018