JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 8, No 2 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

EFEKTIVITAS MEDIA KOMIK BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI KARUNDANG 2

Tri Astuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sholeh Hidayat (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Isti Rusdiyani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2021

Abstract

Kurangnya pengembangan media belajar disekolah yang memotivasi minat membaca peserta didik berakibat pada rendahnya minat dalam membaca buku sehingga terjadinya penurunan pada hasil belajar peserta didik. Tujuan dilaksanakan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan efektivitas media komik berbasis pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Tematik di Sekolah Dasar kelas III. Penelitian yang dilaksanakan berupa penelitian pengembangan (R&D) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan memberikan instrumen berupa wawancara, angket dan tes. Sampel penelitian yaitu kelas III Sekolah Dasar yang berjumlah 22 orang di SDN Karundang 2 Tahun Ajaran 2020/2021. Efektivitas penggunaan media komik terhadap hasil belajar peserta didik dari hasil rekapitulasi nilai pretest dan posttest memperoleh nilai 0,72 atau dipersentasekan dengan nilai 72% yang masuk pada kategori cukup efektif.Kata kunci: media komik berbasis pembelajaran kontekstual, efektivitas, hasil belajar

Copyrights © 2021