JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 4, No 2 (2017): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KETERAMPILAN SAINS SISWA KELAS SEKOLAH DASAR

Kartika Nursova (SDN Cikuya 2 Solear Kab. Lebak)
Sholeh Hidayat (SDN Cikuya 2 Solear Kab. Lebak)
Luluk Asmawati (SDN Cikuya 2 Solear Kab. Lebak)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran eksperimen dan efikasi diri terhadap keterampilan proses sains siswa Kelas V SDN Cikuya II Kecamatan Solear pada pembelajaran IPA konsep gaya magnet. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain factorial 2x2.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan KPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode eksperimen dengan metode ceramah, p-value = 0,000 < 0,050; 2) terdapat perbedaan KPS antara siswa yang berefikasi diri tinggi dengan berefikasi diri rendah, p-value 0,014 < 0,050; 3) terdapat pengaruh interaksi penerapan metode pembelajaran eksperimen dengan tingkat efikasi diri terhadap KPS siswa, p-value = 0,014 < 0,050; 4) terdapat perbedaan KPS antara siswa yang berefikasi diri tinggi yang mengikuti pembelajaran metode eksperimen dengan metode ceramah, Qhit(9,73) > Qtab(2,78); 5) terdapat perbedaan KPS antara siswa yang berefikasi diri rendah yang mengikuti pembelajaran eksperimen dengan metode ceramah, Qhit(3,43) > Qtab(2,78); 6) terdapat perbedaan KPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode eksperimen yang berefikasi diri tinggi dengan yang berefikasi diri rendah, Qhit(6,50) > Qtab(2,78); dan 7) tidak terdapat perbedaan KPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode ceramah yang berefikasi diri tinggi dengan yang berefikasi diri rendah, Qhit(0,200) < Qtab(2,78). Kata kunci :   metode pembelajaran eksperimen, efikasi diri, keterampilan proses sains (KPS)

Copyrights © 2017