JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 2, No 1 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Milda Apriyanto (MA Daar El Qolam Kabupaten Tangerang)
Asnawi Syarbini (Teknologi Pembelajaran PascasarjanaUniversitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis praktikum dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar biologi. Penelitian ini dilaksanakan di MA Daar El Qolam Gintung Jayanti Tangerangdari bulan Agustus  2014 sampai dengan bulan November 2014.Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa yang berada di kelas X MA Daar El Qolam yang berjumlah 112 orang. Metode penelitian menggunakan rancangan eksperimen dengan perlakuan terhadap kelompok siswa (treatment) menggunakan pembelajaran berbasis praktikum, sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan metode demontrasi.Teknik pengumpulan data untuk memperoleh kelompok siswa yang berpikir kritis tinggi dan rendah dengan cara memberikan angket menggunakan skala likert, sedangkan untuk memperoleh data hasil belajar mengunakan tes akhir.  Teknik analisis data dilakukandengan analisisvarians (ANAVA)dua arah dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis praktikum terhadap hasil belajar biologi dinyatakan dengan F hitung = 27.57 > F tabel (0,05(1;24) = 4,26. Terdapat pengaruh, kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar biologi dinyatakan dengan hasil F hitung = 22.12 > F tabel (0,05(1;24) = 4,26.Terdapat interaksi antara  metode pembelajaran berbasis praktikumdan kemampuan berpikir kritisterhadap hasil belajar biologi, dinyatakan dengan F hitung = 5.01 > F tabel (0,05(1;24) = 4,26. Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis praktikum dengan kemampuan berpikir kritis tinggi terhadap hasil belajar biologi, hasil uji Tukey diperoleh Q hitung (Q3) = 10.589 > Q tabel (0,05;4;14) = 4.111. Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis praktikum dan kemampuan berpikir kritis rendah terhadap hasil belajar biologi dinyatakan dengan uji Tukey diperoleh   Q hitung (Q8) = 4.262 > Q tabel (0,05;4;14) = 4.111. Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran berbasis praktikum dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dan pembelajaran berbasis praktikum dengan kemampuan berpikir kritis rendah terhadap hasil belajar biologi dinyatakan dengan uji tukey diperoleh Q hitung (Q5) = 9.815 > Q tabel (0,05;4;14) = 4.111. Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran demontrasi dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah terhadap hasil belajar biologi, dinyatakan dalam uji Tukey Q hitung (Q6) = 3.487 < Q tabel (0,05;4;14) = 4.111. Kata kunci: Praktikum, Berpikir Kritis, dan Hasil Belajar Biologi, Penelitian Esperimen.

Copyrights © 2015