JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 1, No 1 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Nandang Sujatna (SMA Negeri 1 Panggarangan)
Fatah Sulaeman (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan prestasi belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran tipe numbered head together. Penelitian ini menggunakan metode PTK, dengan model Kemmis Taggart, bertempat di SMA Negeri 1 Panggarangan Kabupaten Lebak. Penelitian dilaksanakan pada  akhir bulan Oktober sampai awal bulan Desember  2013.  Subjek penelitian terdiri dari peneliti dan implementasi model pembelajaran tipe numbered head together dan pretasi belajar sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara objeknya adalah siswa kelas XI.IPA.2 SMA Negeri 1 Panggarangan berjumlah 34 siswa terdiri dari 20 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Imlementasi model pembelajaran tipe numbered head together dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Panggarangan Kabupaten Lebak. Kata kunci: Model Pembelajaran Tipe Numbered Head Together, Kemampuan Berkomunikasi, Prestasi Belajar Fisika

Copyrights © 2014