Penelitian ini betujuan (1) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan aktivitas belajar yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dan siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah, (3) mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPA, (4) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan aktivitas belajar tinggi dan pembelajaran yang menggunakan modelpembelajaran berbasis proyek dan aktivitas belajar tinggi, (5) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan aktivitas belajar rendah dan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan aktivitas belajar rendah. Sampel pada penelitian ini kelas V, kelas A sebagai eksperimen dan kelas B sebagai kelaskontrol. penelitian ini menggunakan desain treatment by level 2x2 Secara sederhana desain penelitian eksperimen Pemilihan kelas tersebut karena kelas V nilai rata-rata mata pelajaran IPA lebih rendah. dianalisis melalui Uji–F diperoleh Fhitung = 5,531 jika dikonsultasikan pada Ftabel pada taraf kepercayaan95% (α = 0,05) dengan derajat kebebasan 48, diperoleh Ftabel = 1,68. Karena F(hitung)> F(tabel), maka Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil belajar IPA Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas Belajar , Hasil Belajar
Copyrights © 2019