JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 6, No 2 (2019): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SD

Lina Karlina (SD Negeri Kertaraharja 1)
Suherman Suherman (Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sjaifuddin Sjaifuddin (Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini betujuan (1) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan aktivitas belajar yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi dan siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah, (3) mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran berbasis proyek dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPA, (4) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan aktivitas belajar tinggi dan pembelajaran yang menggunakan modelpembelajaran berbasis proyek dan aktivitas belajar tinggi, (5) mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan aktivitas belajar rendah dan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan aktivitas belajar rendah. Sampel pada penelitian ini kelas V, kelas A sebagai eksperimen dan kelas B sebagai kelaskontrol. penelitian ini menggunakan desain treatment by level 2x2 Secara sederhana desain penelitian eksperimen  Pemilihan kelas tersebut karena kelas V nilai rata-rata mata pelajaran IPA lebih rendah. dianalisis melalui Uji–F diperoleh Fhitung = 5,531 jika dikonsultasikan pada Ftabel pada taraf kepercayaan95% (α = 0,05) dengan derajat kebebasan 48, diperoleh Ftabel = 1,68. Karena F(hitung)> F(tabel), maka Ho  ditolak  dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan  hasil belajar IPA Kata kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Aktivitas Belajar , Hasil Belajar

Copyrights © 2019