JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 7, No 1 (2020): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENGENALAN KEBAHARIAN MODEL PEMBELAJARAN WEBBED UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA DINI

Lesi Lesiani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Luluk Asmawati (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Fadlullah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan bahan ajar pengenalan kebaharian model pembelajaran webbed yang dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian berjumlah 24 anak di TK Aisyiyah Panyaungan Kabupaten Lebak-Banten. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) menggunakan model Borg dan Gall. Hasil observasi awal kecerdasan naturalis anak masih rendah. Faktor penyebabnya yaitu; (1) anak tidak dikenalkan pada lingkungan terdekat, (2) guru tidak mampu menyusun pembelajaran webbed, (3) tidak ada tema khusus tentang kebaharian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar kebaharian layak digunakan dengan nilai sebesar 72% diperoleh dari ahli materi, dan nilai sebesar 90% diperoleh dari ahli media. Bahan ajar kebaharian ini juga efektif meningkatkan kecerdasan naturalis anak, dari nilai sebesar 54% saat observasi awal kemudian meningkat menjadi 81% setelah diujicobakan produk. Dengan demikian bahan ajar kebaharian ini efektif dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak tentang kebaharian. Pemahaman anak terhadap kebaharian menjadi bertambah, anak mampu mengetahui gejala tsunami, nama-nama ikan dan benda-benda yang ada di laut, mampu membuat aquarium, mengetahui cara kerja nelayan, mengetahui pentingnya laut untuk kehidupan, dan lain-lain. Kata Kunci : Bahan Ajar, Kebaharian, Model Pembelajaran Webbed, Kecerdasan Naturalis

Copyrights © 2020