JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH MEDIA MIND MAP DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ika Evitasari Aris (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan AgengTirtayasa)
Luluk Asmawati (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan AgengTirtayasa)
Hidayatullah Hidayatullah (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan AgengTirtayasa)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar IPA antara pembelajaran menggunakan mind map dan pembelajaran menggunakan gambar, (2) perbedaan hasil belajar IPA antara siswa dengan kreativitas tinggi dan siswa dengan kreativitas rendah, (3) pengaruh interaksi antara mind map dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar IPA, (4) perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan mind map ­dan kreativitas tinggi dengan menggunakan gambardan kreativitas tinggi, (5) perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan mind map ­dan kreativitas rendah dengan menggunakan gambar dan kreativitas rendah, (6) perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan mind map ­dan kreativitas tinggi dengan menggunakan mind map dan kreativitas rendah, (7) perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan gambar ­dan kreativitas tinggi dengan menggunakan gambardan kreativitas rendah. Populasipenelitianyaituseluruhsiswakelas VII MTs NF SabrangPetirtahunajaran 2014/2015 dengansampelpenelitiankelas VII.A dan VII.B yang diambilsecararandom sampling.Hasil penelitian menunjukkan terdapat  perbedaan hasil belajar IPA antara pembelajaran menggunakan mind map dan pembelajaran menggunakan gambar Fhitung (9,999) > Ftabel (2,15), terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa dengan kreativitas tinggi dan siswa dengan kreativitas rendah Fhitung (4,150) > Ftabel (2,15), terdapat pengaruh interaksi antara mind map dan kreativitas siswa terhadap hasil belajar IPA Fhitung (5,834) > Ftabel (2,15), terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan mind map ­dan kreativitas tinggi dengan menggunakan gambardan kreativitas tinggi Fhitung (12,776) > Ftabel (3,18), terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan mind map ­dan kreativitas rendah dengan menggunakan gambar dan kreativitas rendah Fhitung (3,930) < Ftabel (3,18), terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan mind map ­dan kreativitas tinggi dengan menggunakan mind map dan kreativitas rendah Fhitung (8,209) > Ftabel (3,18), tidak terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara penggunaan gambar ­dan kreativitas tinggi dengan menggunakan gambardan kreativitas rendah Fhitung (0,593) < Ftabel (3,18). Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media mind map terbukti efektif meningkatkan hasil belajar IPA dan kemampuan siswa dalam mengembangkan gagasan dan ide-ide baru dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Mind map, kreativitas, hasil belajar

Copyrights © 2015