JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 9, No 1 (2022): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI GUGUS 2 SDN KECAMATAN BAROS SERANG

Syadeli Hanafi (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Nandang Faturohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SD Negeri gugus 2 Kecamatan Baros untuk mengetahui (1).masih ada Kepala Sekolah yang kurang memperhatikan kinerja Guru? (2) Masih ada guru yang tidak menyusun persiapan mengajar secara rutin ; (3) Masih ada guru yang membawa pekerjaan luar sekolah ke dalam sekolah ; (4) Masih ada guru yang kurang bersemnagat dalam mensuksesan program sekolah ; dan (5) Masih ada guru yang tidak melengkapi adminitrasi pembelajaran, tidak menggunakan media, model dan teknologi dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian dalam penelitian ini yaitu : (1)Untuk menganalisis dan mendeskripsikan Pengaruh Kepemimpinan Tranformasional Kepala Sekolah  Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Gugus 2 di Kecamatan Baros (2). Untuk menganalisis dan mendeskripsikan Pengaruh Motivasi Kerja Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Gugus 2 di Kecamatan Baros (3)Untuk menganalisis dan mendeskripsikan Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Motivasi Kerja Secara bersama-sama Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Gugus 2 di Kecamatan Baros. Hasil dari penelitian ini yaitu ; pertama terdapat pengaruh yang kuat Kepemimpinan Transformasional kepala sekolah  (X1) terhadap Kinerja Guru (Y) ditunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0.569 dan koefisien determinasinya sebesar 32,4 % dan nilai signifikansi 0,000 < 0,005, Kedua terdapat pengaruh yang kuat Motivasi Kerja (X2) terhadap Kinerja Guru (Y). ditunjukan nilai koefisien korelasi sebesar 0,722 dan koefisien determinasinya sebesar 52.2% dan nilai signifikansi 0,000 < 0,005. Ketiga terdapat pengaruh yang kuat kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru ditunjukaan nilai koefisien korelasi sebesar 0.771 dan koefisien determinasinya sebesar 59,4 % dan nilai signifikansi 0,000 < 0,005.

Copyrights © 2022