JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 8, No 1 (2021): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGEMBANGAN MODUL CETAK PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING

Ucu Kulsum Srilaswati (Tehnologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Sholeh Hidayat (Tehnologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Suparno Suparno (Tehnologi Pendidikan Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang valid untuk hasil belajar IPA pada semester I peserta didik kelas IV SD/MI.Penelitian ini termasuk ke dalam rumpun penelitian dan pengembangan, menggunakan Dick and Carey.,. Sedangkan validasi pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing  dengan uji statistik menggunakan SPSS 25 dengan uji paired sample t-tes. Adapun hasil perhitungan modul pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan, berdasarkan penilaian ahli materi sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 93 rentang angaka 80-100% dan tingkat persentase keidealan 93 %. Penilaian ahli media  baik (B) dengan skor 80 dan tingkat persentase ideal 80%. Penilaian ahli bahasa baik (B) dengan skor 320 dan tingkat persentase 91%. Sedangkan respon siswa terhadap produk yang dikembangkan sangat baik (SB) dengan persentase keidealan sebesar 94%. Hasil belajar siswa terdapat signifikansi antara sebelum menggunakan modul dan sesudah menggunakan modul.Berdasarkan data diatas maka Pengembangan modul cetak materi bunyi dan keterkaitannya dengan indra pendengaran memiliki validitas tinggi dan termasuk kategori sangat baik sehingga layak dijadikan bahan ajar dikelas IV SD/MI. Kata kunci: modul, pembelajaran IPA, inkuiri terbimbing, meningkatkan hasil belajar IPA

Copyrights © 2021