JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research JournalVol 3, No 2 (2016): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)
PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Een Haryati(SMPN 1 Labuan Pandeglang) Yayat Ruhiat(Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa) Hepsi Nindiasari(Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Article Info
Publish Date 10 Nov 2016
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan antara metode pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori serta kemampuan awal tinggi dan rendah terhadap pemahaman konsep kompetensi magnet. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. . Populasi dalam penelitian sembilan kelas IX dengan jumlah peserta didik setiap kelas 38. Kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Proses pembelajaran dilakukan dengan dua metode, inkuiri terbimbing pada kelas eksperimen dan ekspositori pada kelas kontrol. Data yang diperoleh diuji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov dan homogenitas dengan Two way ANOVA. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara pemahaman konsep magnet peserta didik yang menggunakan metode inkuiri terbimbing dan ekspositori. Hasil uji menunjukkan nilai p-value sebesar 0,037