JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 2, No 2 (2015): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR

Fathul Bari (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Chusaery Rusdi Syarif (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Hidayatullah Hidayatullah (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2015

Abstract

Jenis penelitian ini kuantitatif eksperimen desain factorial 2x2. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX semester ganjil SMP Negeri 1 Binuang Kec. Binuang Kab. Serang Tahun Pelajaran 2014-2015. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik randem sampling sebanyak 2 kelas, terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes objektif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji Liliefors dan uji Barlett.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1).Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Yaitu hasil Fhit = 35,34 lebih besar dari nilai Ftab = 1,20 pada taraf signifikansi 5% (Fhit = 35,34>Ftab (α=0,05; db.1;56) = 1,02). (2).Terdapat perbedaan antara siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi dengan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah. Yaitu hasil  Fhit = 90,48 lebih besar dari nilai Ftab = 1,02 pada  taraf  signifikansi 5% (Fhit = 0,04>Ftab (α=0,05 ;db.1;56)= 1,02). (3).Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan emosional.Yaitu hasil Fhit = 1,47 lebih besar dari nilai Ftab = 1,02 pada  taraf  signifikansi  5%  ( Fhit = 1,47>Ftab (0,05;1,56) = 1,02. (4).Terdapat perbedaan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan memiliki kecerdasan emosional tinggi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan memiliki kecerdasan emosional tinggi.Yaituhasil Fhit = 18,09 lebih besar dari nilai Ftab = 2,89 pada  taraf  signifikansi  5%  (Fhit = 18,09>Ftab (α=0,05;db.3;26)= 2,89. (5).Terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang memiliki kecerdasan emosional rendah dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki kecerdasan emosional rendah.Yaitu hasil Fhit = 9,04 lebih besar dari nilai Ftab = 2,89 pada  taraf  signifikansi  5%  (Fhit = 9,04>Ftab (α=0,05;db.3;26)= 2,89. (6). Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan memiliki kecerdasan emosional tinggi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan memiliki kecerdasan emosional rendah. Yaitu hasil Fhit = 13,95 lebih besar dari nilai Ftab = 2,89 pada  taraf  signifikansi  5%  (Fhit = 13,95>Ftab (α=0,05; db.3;26)= 2,89. (7).terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif  tipe Jigsaw dan memiliki kecerdasan emosional tinggi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan memiliki kecerdasan emosional rendah. Yaitu hasil Fhit = 78,21 lebih besar dari nilai Ftab = 2,89 pada  taraf  signifikansi  5%  (Fhit = 78,21>Ftab (α=0,05;db.3;26)= 2,89. Kata kunci: Tipe Jigsaw, Kecerdasan Emosional, dan Hasil belajar PAI

Copyrights © 2015