JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 5, No 2 (2018): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Yunus Yunus (SDN Kampung Baru Kecamatan Grogol Kota Cilegon)
Romli Ardie (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Anwar Mutaqin (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus melakukan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw. Subyek penelitian terdiri dari peneliti dan penerapan pembelajaran kooperatif jigsaw dan minat belajar siswa sebagai tolak ukur keberhasilan penelitian tindakan kelas, sementara obyeknya adalah siswa kelas IV SDN Kampung Baru Kecamatan Grogol Kota Cilegon berjumlah 44 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Kampung Baru Kecamatan Grogol Kota Cilegon yaitu peningkatan minat belajar siswa pada siklus I sebesar 53,4 kategori cukup meningkat secara positif pada siklus II sebesar 74,7 dengan kategori baik dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar mulai dari temuan awal sebesar 47,05, siklus I sebesar 64,09,  dan siklus II sebesar 87,04.Kata kunci : jigsaw, hasil belajar matematika, minat belajar

Copyrights © 2018