JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran) : Edutech and Intructional Research Journal
Vol 1, No 2 (2014): JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ratu Farichah Sururi (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Aceng Hasani (Teknologi Pembelajaran Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media komik dan gaya belajar terhadap hasil belajar pemahaman makna bacaan teks naratif bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan desain faktorial 2 x 2. Penelitian ini dilakukan di  SMA Negeri 4 Pandeglang pada semester 2 tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel 52 orang siswa yang dipilih secara acak, dengan 26 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket langsung kepada sampel, tes perlakuan atau perbuatan, dan tes tertulis berbentuk uraian. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran komik dan audio terhadap hasil belajar pemahaman makna bacaan teks naratif bahasa Inggris dengan hasil Fhitungsebesar 6,089 >Ftabel 4,08. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar field independent dan field depedent terhadap hasil belajar pemahaman makna bacaan teks naratif bahasa Inggris dengan hasil Fhitungsebesar 19,465 >Ftabel 4,08. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan interaks iantara media komik dan gaya belajar terhadap hasil belajar pemahaman makna bacaan teks naratif bahasa Inggris dengan hasil Fhitungsebesar 5,374 > Ftabel 4,08. Kata kunci: Media Komik, Gaya Belajar dan Hasil Belajar Pemahaman Makna Bacaan Teks Naratif Bahasa Inggris.

Copyrights © 2014