Jurnal Teknik Sipil
Vol 2, No 2 (2023): Edisi Desember

ANALISIS KEBUTUHAN MATERIAL BANGUNAN DALAM PROYEK PEMBANGUNAN LAPANGAN BULU TANGKIS DENGAN APLIKASI MATLAB (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Lapangan Bulu Tangkis Dinas PUPKP Kab. Bener Meriah)

Rizal Pahri Batubara (Universitas Harapan Medan)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2024

Abstract

Estimasi jumlah bahan yang dibutuhkan untuk proyek atau pekerjaan tertentu disebut sebagai persyaratan material.  Metode perhitungan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan material.  Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif untuk menghitung kebutuhan material melalui pendekatan penelitian terapan yang melibatkan pengumpulan data dengan berbagai teknik.  Tujuan dari artikel ini adalah untuk membantu mereka yang perlu menghitung kebutuhan material untuk proyek pembangunan lapangan olahraga.  Fokus proyek penelitian khusus ini adalah pembangunan lapangan bulu tangkis oleh PUPKP di kabupaten ini. Penggunaan aplikasi Matlab memungkinkan analisis kebutuhan material.  Dengan menganalisis hasil dan melakukan diskusi, disimpulkan bahwa aplikasi Matlab adalah metode alternatif yang layak untuk menghitung kebutuhan material.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JTSIP

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Engineering

Description

JTSIP Merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara (FT. UISU), dimana Prodi Teknik Sipil UISU saat ini berupaya menata diri menjadi prodi yang unggul dalam akreditasi maupun unggul dalam praktik mahasiswa. JTSIP membahas ilmu bidang ...