Indonesian Journal of Library and Information Science (IJLIS)
Vol. 1 No. 2 (2020): Indonesian Journal of Library and Information Science

ARTIKEL PERSONALISASI DAN PLATFORM PENGAJARAN DIGITAL: PLATFORM PEMBELAJARAN DIGITAL

siti hawa (STAI Al-Hilal, Sigli, Aceh Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Personalisasi dan Platform Pengajaran Digital merupakan salah satu hal pokok dalam mendukung pembelajaran di Abad 21 berbasis teknologi dan informasi. Untuk itu, dalam artikel ini peneliti akan menguraikan bagaimana pentingnya personalisasi dalam pembelajaran digital, dan keterkaitan antara personalisasi dengan berbagai elemen penting dalam pembelajaran digital. Adapun metode dalam penulisan ini menggunakan metode deskritif kualitatif, dengan teknik pengumpulan datanya yaitu studi dokumentasi, serta pengolahan data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan 4 tahapan yaitu: reduksi, display, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa personalisasi dalam pembelajaran digital sangat penting karena merupakan suatu perubahan dalam metode dan cara mengajar sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi. Personalisasi sangat terkait dengan elemen penting dalam pembelajaran, yaitu pada pemanfaatan internet sebagai media utama dalam model pembelajaran e-learning. Selanjutnya, sistem personalisasi dilakukan untuk meningkatkan kemampuan atau daya serap peserta didik dalam penggunaan teknologi. Pendekatan yang dapat dilakukan dalam personalisasi pembelajaran digital antara lain seperti: Blended Learning (Model atau pun strategi yang pada dasarnya merupakan gabungan keunggulan pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka dan secara virtual); Online Learning (Pembelajaran online merupakan hasil dari suatu pembelajaran yang disampaikan sacara elektronik dengan menggunakan komputer dan media berbasis komputer); dan Adaptive Learning (pembelajaran adaptive), yaitu program multi media pembelajaran yang menyajikan media pembelajaran dengan perangkat bergerak dan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dengan karakteristik gaya belajar pengguna(student learning styles).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ijlis

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Library and Information Science (IJLIS) contains articles written from research and study reports on Information and Library Science. Indonesian Journal of Library and Information Science is published twice annually (June and December) by the journal editors from the Library ...