Economic and Education Journal (Ecoducation)
Vol 5 No 1 (2023): Economic and Education Journal (Ecoducation)

Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Motivasi Belajar, dan Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru IPS terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMPN 18 Kota Malang

Rosyida Rosyida (SMP NEGERI 1 DOBO)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kecerdasan intelektual, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS terpadu di SMPN 18 kota malang baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian berupa explanatory research. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan intelektual, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru IPS sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII khusus-nya kelas A, B, dan C yang berjumlah 126 siswa. Untuk mengetahui total sampel penelitian ini menggunakan rumus solvin sehingga diketahui total sampelnya adalah 96 siswa dan untuk teknik pengambilan sampelnya menggunakan proportional random sampling. Sedangkan data penelitian dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa dokumentasi sekolah dan closed questioner yang menggunakan skala likert dengan lima alternatif jawaban. Untuk mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan penelitian ini dilakukan analisis regresi dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, terdapat pengaruh yang signifikan antar kecerdasan intelektual, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru IPS terhadap prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 18 kota Malang. Hal ini terlihat dari semakin tinggi total skor dari tingkat kecerdasan intelektual, motivasi belajar, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru IPS-nya, semakin baik atau tinggi pula prestasi belajarnya pada mata pelajaran IPS terpadu dan sebaliknya. Namun dari ketiga faktor tersebut, motivasi belajar siswa memiliki tingkat pengaruh yang paling tinggi terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 18 kota Malang pada mata pelajaran IPS terpadu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ecoducation

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Economic and Education Journal (Ecoducation): an open access journal to publish research results in the fields of economics and education. Managed and published by the Economic Education Study Program, Insan Budi Utomo University, with ISSN Numbers: P-ISSN 2684-9663 and E-ISSN 2656-5234. This ...