Economic and Education Journal (Ecoducation)
Vol 5 No 3 (2023): Economic and Education Journal (Ecoducation)

Pengaruh Brand Image dan Customer Bonding Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Empiris Pelanggan SR12 Skincare di Banjarmasin)

Siti Julianti (Manajemen, Universitas Sari Mulia)
Yuliarti Rezeki (Manajemen, Universitas Sari Mulia)
Nurhayati Nurhayati (Manajemen, Universitas Sari Mulia)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Perawatan kulit jadi kebutuhan utama bagi wanita, penggunaan jenis skincare yang sesuai dapat membuat kulit sehat, cerah dan wajah semakin bersinar, untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan kulit skincare merupakan salah satu produk kecantikan sedang berkembang di Indonesia hal tersebut agar produsen produk skincare memenuhi kebutuhan konsumen. Kebutuhan jaminan kehalalan suatu produk sangatlah penting. Skincare dipasaran masih banyak belum mencantumkan label halal yang menimbulkan dosis tinggi membuat kulit menjadi rusak seperti mengandung merkuri. Hal ini tentunya menjadi perhatian konsumen terutama wanita yang ingin membeli produk kecantikan tersebut. Untuk mengetahui pengaruh Brand Image dan customer bonding terhadap loyalitas pelanggan SR12 skincare di Banjarmasin baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 150 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling. Hasil uji secara parsial yaitu Brand Image berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan sebesar 0,107 > 0,05, sedangkan customer bonding berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,00 < 0,05. Hasil uji secara simultan terdapat pengaruh signifikan secara simultan Brand Image dan customer bonding terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,005 < 0,05 pembelian SR12 Skincare di Banjarmasin. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial menunjukan bahwa Brand Image tidak terdapat pengaruh signifikan, sedangkan customer bonding memiliki pengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan SR12 skincare di Banjarmasin. Adapun uji hipotensis secara simultan menunjukan bahwa Brand Image, dan customer bonding berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan SR12 skincare di Banjarmasin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ecoducation

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Economic and Education Journal (Ecoducation): an open access journal to publish research results in the fields of economics and education. Managed and published by the Economic Education Study Program, Insan Budi Utomo University, with ISSN Numbers: P-ISSN 2684-9663 and E-ISSN 2656-5234. This ...