Di era digital saat ini pelaku UMKM dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Diketahui bahwa tidak semua UMKM di Indonesia mampu mengubah pola pemasaran konvensional menjadi pemasaran digital. Hal tersebut dapat menyebabkan rendahnya volume penjualan pada UMKM. Sistem pemasaran digital dapat menjangkau pasar yang lebih luas tanpa berbatas ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan UMKM kuliner di kota Banjarmasin. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Dalam penelitian ini populasi berjumlah 60 UMKM kuliner yang sudah mengikuti pelatihan digital marketing dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 sampel. Analisis data menggunakan pendekatan SEM-Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pelatihan digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan UMKM, thitung variabel X (5.629) > ttabel (1,697) dengan nilai signifikansi 0,000. Hasil uji R square sebesar 0,446 artinya peningkatan volume penjualan UMKM bergantung pada efektivitas pelatihan digital marketing sebesar 44,6%, sedangkan sisanya dipegaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Temuan dalam penelitiam ini menunjukkan bagaimana pelatihan digital marketing dapat mempengaruhi peningkatan volume penjualan.
Copyrights © 2023