Margin : Journal of Islamic Banking
Vol 2 No 1 (2022): MARGIN JOURNAL OF ISLAMIC BANKING

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMBAYARAN UKT PADA BANK SYARIAH MANDIRI TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI PADA MAHASISWA FEBI UIN STS JAMBI)

Sellin Fidia Oktafiani (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Kepuasan nasabah merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa perbankan. Kepuasan nasabah sangat mempengaruhi citra dimata masyarakat luas. Untuk mencapai kepuasan nasabah perlu meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah. Kualitas pelayanan adalah sebuah bentuk pelayanan yang dilakukan secara konsisten oleh pelaku penyedia layanan jasa secara maksimal terhadap para nasabah, agar sesuai dengan kebutuhan dan harapan nasabahnya. Seperti halnya BSM yang diberi amanah untuk menerima transaksi akademik termasuk pembayaran UKT mahasiswa UIN STS Jambi. Dalam kegiatan tersebut, BSM haruslah memberikan pelayanan serta menyediakan prasarana yang terbaik untuk nasabahnya. Kualitas pelayanan yang diberikan tentu akan mempengaruhi kepuasan yang dirasakan oleh nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan saat pembayaran UKT di BSM terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN STS Jambi. Adapun menggunakan lima dimensi untuk mengukur kualitas pelayanan yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Hasil dari analisis uji-F terhadap seluruh variabel menunjukkan bahwa kelima dimensi secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa FEBI UIN STS Jambi. Variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati mampu menjelaskan kepuasan nasabah sebesar 74,1%. Adapun hasil analisis uji-t diperoleh bahwa masing-masing dari dimensi yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan mahasiswa FEBI UIN STS Jambi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

margin

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Margin: Journal of Islamic Banking E-ISSN: - P-ISSN: - is the journal that publishing the research result in the area of Islamic Banking . Margin: Journal of Islamic Banking cordially invites the academician, researchers, and others to submit their research article that in line with our focus and ...