Margin : Journal of Islamic Banking
Vol 3 No 2 (2023): MARGIN JOURNAL OF ISLAMIC BANKING

PENGARUH PENGETAHUAN KONSUMEN, MOTIVASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Sungai Bahar Jambi)

Rafidah Rafidah (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Efni Anita (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Siti Mawarni (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh pengetahuan konsumen, motivasi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah (studi pada nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Sungai Bahar Jambi). Objek yang digunakan adalah nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Sungai Bahar Jambi dari tahun 2017 sampai tahun 2021 pada bank Syariah Indonesia KCP Sungai Bahar Jambi dengan jumlah sampel sebanyak 97 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pengetahuan konsumen, motivasi, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah. Berdasarkan hasil uji F (simultan) didapatkan hasil bahwa variabel pengetahuan konsumen, motivasi, dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah hal ini dibuktikan melalui pengujian uji f yaitu fhitung > ftabel atau 75,867 > 2,702 dengan nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 lebih kecil dari 0,05. Nilai koefisien determinan sebesar 0,701, hasil ini menunjukkan bahwa 70,1% yang artinya menunjukkan nilai keputusan menjadi nasabah dipengaruhi oleh nilai pengetahuan konsumen, motivasi dan kualitas pelayanan pada Bank Syariah Indonesia KCP Sungai Bahar Jambi sedangkan sisanya sebesar 29,9% nilai keputusan menjadi nasabah dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

margin

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Margin: Journal of Islamic Banking E-ISSN: - P-ISSN: - is the journal that publishing the research result in the area of Islamic Banking . Margin: Journal of Islamic Banking cordially invites the academician, researchers, and others to submit their research article that in line with our focus and ...