Quranic Edu
Vol. 1 No. 1 (2021): QuranicEdu: Journal of Islamic Education

Peran Pondok Pesantren Nahdlatul Qur’an dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al Qur’an di Desa Manarap, Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan

Muhammad A’athaillah (Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an (STIQ) Amuntai, Kalimantan Selatan)
Muhammad Majdi (Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an (STIQ) Amuntai, Kalimantan Selatan)
Mahmudin (Sekolah Tinggi Ilmu Al Qur’an (STIQ) Amuntai, Kalimantan Selatan)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas peran pondok pesantren Nahdlatul Qur’an dalam meningkatkan motivasi menghafal al Qur’an di Desa Manarap, Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah adanya usaha yang gigih dari pengasuh pondok pesantren Nahdlatul Quran dalam membina santri untuk tetap semangat dan termotivasi dalam menghafal Alqur’an. Tidak hanya sekedar menghafal Alqur’an dan menuntut ilmu, akan tetapi juga santri dapat mengaplikasikan dan siap terjun di masyarakat. Adapun yang mendasari meningkatnya motivasi santri dalam menghafal Alqur’an terbagi menjadi dua, yakni motivasi intrinsik dan ekstrinsik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

QuranicEdu

Publisher

Subject

Religion Education

Description

QuranicEdu: Journal of Islamic Education (E-ISSN 2809-2481) is a national journal published by the Faculty of Tarbiyah Institut Ilmu Al Qur’an (IIQ) An Nur Yogyakarta, posted twice a year on February and August. The journal focuses its scope on the issues of Islamic Education. We invite scholars, ...