Jurnal Multidisiplin West Science
Vol 3 No 04 (2024): Jurnal Multidisiplin West Science

Hubungan antara Kebijakan Evaluasi Kinerja Guru dan Pemenuhan Kebutuhan Siswa dengan Kualitas Layanan Pendidikan dan Kepuasan Stakeholder di Indonesia

Siminto Siminto (IAIN Palangka Raya)
Nanny Mayasari (Universitas Nusa Cendana)
Miftah Ulya (IAI Diniyyah Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini menguji hubungan antara kebijakan evaluasi kinerja guru dengan pemenuhan kebutuhan siswa, kualitas layanan pendidikan, dan kepuasan pemangku kepentingan di Indonesia. Desain penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner terstruktur digunakan untuk mengumpulkan data dari guru, siswa, orang tua, dan administrator pendidikan di berbagai tingkat pendidikan dan wilayah. Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) dengan analisis Partial Least Squares (PLS) dilakukan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kebijakan evaluasi kinerja guru dengan kepuasan pemangku kepentingan dan kualitas layanan pendidikan. Selain itu, pemenuhan kebutuhan siswa juga ditemukan berhubungan positif dengan kepuasan pemangku kepentingan dan kualitas layanan pendidikan. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya kebijakan evaluasi kinerja guru yang efektif dan pendekatan yang berpusat pada siswa dalam meningkatkan hasil pendidikan dan persepsi pemangku kepentingan. Studi ini menyoroti keterkaitan antara variabel-variabel pendidikan dan menekankan perlunya pendekatan kebijakan yang holistik untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas sistem pendidikan di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmws

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, Ekonomi Bisnis , Koperasi & Perbankan, Ekonomi Syariah, Ekonomi Pembangunan, Pengembangan SDM, Perpajakan dan Asuransi Niaga. Jurnal ini diterbitkan oleh West Science ...