Journal of Fundamental Management (JFM)
Vol 4, No 1 (2024): MARET 2024

PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Retail Trade yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020)

Zakiatur Rofiah (Unknown)
Septiani Juniarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Asset, dan Sales Growth terhadap Financial Distress pada sub sektor Retail Trade yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020. Populasi dalam penelitiam ini adalah 27 perusahaan. Teknik Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan 8 perusahaan sebagai sampel yang memenuhi kriteria. Data penelitian diperoleh dari Bursa Efek Indonesia. Metode yang lebih tepat digunakan pada penelitian ini adalah Random Effect. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Current Ratio memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Financial Distress, Debt to Equity Ratio memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Financial Distress, Return On Asset yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Financial Distress, dan Sales Growth memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Financial Distress.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jfm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

ournal of Fundamental Management is an academic journal published by the Mercubuana University S1 Management Study Program. The aim of JFM is to promote innovative thinking in the field of management and other related fields. This journal focuses primarily on promoting research results related to ...