LaGeografiA
Vol 22, No 3 (2024): Juni

Perbandingan Efektivitas Penggunaan Google Classroom dan Google Meet Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Kartika XX-1 Makassar

Sukri Nyompa (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar)
Mila Fitasari (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

The purpose of this study was to determine the comparison of the effectiveness of using Google Classroom and Google Meet on student learning outcomes in geography subjects. The method used was a quasi-experiment, with a pretest-posttest control group design. The population of this study was all students of class X SMA Kartika XX-1 Makassar, with a sample of two classes, namely class X MIA 4 and X MIA 5. The data from this study were obtained using a multiple choice test instrument of 20 questions conducted at the pretest time before the learning process, and posttest after the learning process was carried out. From the results of the study obtained an n-gain score of 27.84% which is included in the ineffective category in classes that use Google Classroom, while the n-gain score for classes that use Google Meet is 54.56% including in the less effective category. From the results of hypothesis testing, the sig. (2 tailed) of 0.04 where the value is <0.05 which means H0 is rejected. Based on this, it can be concluded that there is a significant difference in effectiveness between classes that use Google Classroom and classes that use Google Meet on student learning outcomes in geography subjects. AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan efektivitas penggunaan google classroom dan google meet terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi. Adapun metode yang digunakan adalah quasi experiment, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Kartika XX-1 Makassar, dengan sampel sebanyak dua kelas, yaitu kelas X MIA 4 dan X MIA 5. Data hasil penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang dilakukan pada waktu pretest sebelum proses pembelajaran, dan posttest setelah proses pembelajaran dilaksanakan. Dari hasil penelitian diperoleh n-gain skor sebesar 27,84% yang termasuk dalam kategori tidak efektif pada kelas yang menggunakan google classroom, sedangkan n-gain skor untuk kelas yang menggunakan google meet sebesar 54,56% termasuk dalam kategori kurang efektif. Dari hasil uji hipotesis diperoleh hasil nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,04 dimana nilainya < 0,05 yang artinya H0 ditolak. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara kelas yang menggunakan google classroom dengan kelas yang menggunakan google meet terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Lageografia

Publisher

Subject

Humanities Education Physics Social Sciences Other

Description

LaGeografia adalah open journal system yang menggunakan sistem peer-review pada jurnal yang di submit yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Universitas Negeri Makassar. LaGeografia adalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun setiap bulan Oktober, ...