LaGeografiA
Vol 22, No 2 (2024): Februari

Strategi Pengembangan Objek Wisata Hutan Pinus Bulu Tanah di Desa Mattampawalie Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone

Wde Nur Rahmah (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Rosmini Maru (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Ramli Umar (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Ichsan Invanni (Program Studi Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)
Uca Sideng (Program Studi Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2024

Abstract

In the context of tourism development, this research explores the potential, management, and development strategies of the Pine Forest Bulu Tanah tourist attraction. Facing challenges related to increasing tourist visits and environmental sustainability, this research aims to address the issue of optimizing the utilization of natural resources owned by the tourist attraction. The method used is descriptive qualitative research, which focuses on describing events in the field with data collection through observation, documentation interviews, and questionnaires. Data analysis uses a descriptive approach and SWOT analysis. The research findings reveal that Pine Forest Bulu Tanah has beautiful natural potential, good accessibility, aesthetic camp facilities, and support from the surrounding community. Recommended development strategies include maximizing the development of tourist attractions, promoting outside the Bone District, and cooperation between the government and the community to preserve the forest. This research contributes to a deeper understanding of the potential and development strategies of natural tourist attractions, as well as providing guidance for stakeholders to improve management and enhance the sustainability of Pine Forest Bulu Tanah tourism.AbstrakDalam konteks pengembangan pariwisata, penelitian ini menghadirkan eksplorasi terhadap potensi, pengelolaan, dan strategi pengembangan dari objek wisata Hutan Pinus Bulu Tanah. Menghadapi tantangan terkait peningkatan kunjungan wisatawan dan keberlanjutan lingkungan, penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan mengenai bagaimana mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki objek wisata tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, yang berfokus pada deskripsi peristiwa di lapangan dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dokumentasi, dan kuisioner. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif dan analisis SWOT. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Hutan Pinus Bulu Tanah memiliki potensi alam yang indah, aksesibilitas yang baik, fasilitas camp yang estetis, serta dukungan dari masyarakat sekitar. Strategi pengembangan yang direkomendasikan meliputi maksimalisasi pengembangan objek wisata, promosi di luar wilayah Kabupaten Bone, dan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman lebih dalam tentang potensi dan strategi pengembangan objek wisata alam, serta memberikan panduan bagi pihak terkait dalam memperbaiki pengelolaan dan meningkatkan keberlanjutan pariwisata Hutan Pinus Bulu Tanah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Lageografia

Publisher

Subject

Humanities Education Physics Social Sciences Other

Description

LaGeografia adalah open journal system yang menggunakan sistem peer-review pada jurnal yang di submit yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Geografi, Universitas Negeri Makassar. LaGeografia adalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun setiap bulan Oktober, ...