JMTSS
Vol 3 No 1 (2022)

A ANALISA PERKIRAAN TINGKAT PELAYANAN SIMPANG BERSINYAL MENGGUNAKAN METODE SIMULASI (Studi Kasus Simpang Remi Kota Langsa)

iqbal_uscnd (universitas Cut Nyak Dhien)
Rajib uammar (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2022

Abstract

Kota Langsa mempunyai beberapa simpang bersinyal, salah satu simpang bersinyal yaitu Simpang Remi. Pergerakan kendaraan di simpang ini terutama pada saat jam-jam sibuk tinggi, karena merupakan salah satu akses ke banyak tempat- tempat umum seperti pertokoan, hotel, perkantoran, warung kopi, sekolah, perumahan dan lain- lain. Untuk mendapatkan masalah yang terjadi, perlu diketahui tingkat pelayanan pada simpang Remi khususnya menggunakan simulasi untuk mendapatkan gambaran kondisi simpang saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi tingkat pelayanan berdasarkan metode simulasi dengan menggunakan perangkat simulasi VISSIM 6.02 pada saat ini. Penggunaan simulasi lalu lintas adalah salah satu pendekatan yang paling banyak digunakan untuk mengukur keakuratan dari sebuah simulasi dengan kondisi nyata pada lalu lintas. VISSIM merupakan software simulasi yang digunakan oleh profesional untuk membuat simulasi dari simulasi lalu lintas yang dinamis sebelum membuat perencanaan dalam bentuk nyata. Metode Penelitian ini menggunakan data sekunder berdasarkan penelitian sebelumnya tentang evaluasi kinerja dan tingkat pelayanan pada simpang Remi kota Langsa, Data sekunder yang diambil lain adalah data diperoleh dari instansi terkait seperti Badan Pusat Statistik (BPS) dan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kota Langsa. perkiraan volume lalu lintas pada tahun 2022 pada Simpang Remi adalah untuk Jalan Sudirman Utara adalah 470,8 smp/jam, Jalan Sudirman Selatan adalah 446,9 smp/jam, Jalan Syiah Kuala Timur adalah 144,5 smp/jam dan Jalan Syiah Kuala Barat adalah 323,9 smp/jam. Perkiraan Tingkat Pelayanan pada Simpang Remi pada kondisi tahun 2022 dengan menggunakan perangkat lunak VISSIM adalah 45,96 det/smp dengan LOS yang dihasilkan adalah E.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmtss

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Transportation

Description

Jurnal Media Teknik Sipil Samudra (JMTSS) merupakan jurnal dikelola oleh prodi teknik sipil Universitas Samudra yang mempublikasikan hasil penelitian dalam lingkup teknik sipil baik aspek pengembangan ilmuan ataupun aspek praktisi. jurnal ini memberikan hak akses terbuka bagi para peneliti, dosen, ...