Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi
Vol. 1 No. 3 (2021): Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, September 2021

ANALISIS PENGARUH FEMALE EXECUTIVE TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016 – 2018)

Baiq Aulia Sulhia (Universitas Mataram)
Eni Indriani (Universitas Mataram)
Isnawati (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh female executive terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur tahun 2016 – 2018 dan perbedaan female executive dalam menerapkan manajemen laba baik melalui pendekatan akrual maupun riil. Manajemen laba akrual dan manajemen laba riil adalah proxy yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur manajemen laba. Pengujian dilakukan pada 50 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2016 – 2018. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa female executive berpengaruh terhadap manajemen laba riil, sedangkan female executive tidak berpengaruh terhadap manajemen laba akrual, dan tidak ada perbedaan female executive dalam menerapkan manajemen laba baik melalui pendekatan akrual. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa keberadaan female executive di suatu perusahaan dapat saja menurunkan tingkat manajemen laba melalui pendekatan riil pada perusahaan manufaktur. Implikasi penelitian ini memberikan gagasan bahwa adanya female executive di suatu perusahaan dapat menekankan tingkat manajemen laba melalui pendekatan riil, implikasi penting lainnya mengarah pada semakin banyaknya female executive disuatu perusahaan dapat menurunkan tingkat manajemen laba melalui pendekatan riil.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

risma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

FOKUS Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi memuat tentang semua artikel riset bidang keilmuan Akuntansi. Jurnal ini melayani akademisi, peneliti, dan praktisi dalam dunia akuntansi untuk mempublikasi artikelnya. Jurnal ini bertujuan sebagai wadah untuk publikasi artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi ...