Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi
Vol. 1 No. 4 (2021): Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, Desember 2021

ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT UNDERPRICING PADA INITIAL PUBLIC OFFERING (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN DI INDONESIA DAN MALAYSIA YANG MELAKUKAN IPO PERIODE 2015- 2018)

Triana Yani (Universitas Mataram)
Lukman Effendy (Universitas Mataram)
Indria Puspitasari Lenap (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis adanya perbedaan tingkat underpricing di Indonesia dan Malaysia. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji pengaruh ROA, DER, dan ukuran perusahaan terhadap tingkat underpricing saham pada penawaran perdana saham (IPO) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan Malaysia periode 2015-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) pada tahun 2015-2018 di Malaysia dan Indonesia yang tercatat pada bursa efek masing-masing negara tersebut. Metode pengambilan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive dan diperoleh 136 sampel perusahaan dari 183 perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) pada tahun 2015-2018. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan Uji Mann Whitney dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian Uji Mann Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat underpricing saham di Indonesia dan Malaysia. Dimana rata-rata tingkat underpricing saham saham di negara Indonesia lebih tinggi dari Malaysia. Hasil penelitian analisis regresi berganda tingkat underpricing di Indonesia dipengaruhi oleh ROA, DER, dan ukuran perusahaan. Sedangkan tingkat underpricing di Malaysia hanya dipengaruhi oleh ROA, dan DER.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

risma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

FOKUS Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi memuat tentang semua artikel riset bidang keilmuan Akuntansi. Jurnal ini melayani akademisi, peneliti, dan praktisi dalam dunia akuntansi untuk mempublikasi artikelnya. Jurnal ini bertujuan sebagai wadah untuk publikasi artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi ...