Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi
Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, Maret 2022

ANALISIS PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) KEUANGAN DALAM PENGELOLAAN KEUANGAN DESA YANG LEBIH BERKUALITAS (STUDI PADA KANTOR LURAH GERUNG SELATAN)

Aida Hayatun Thaiybah (Universitas Mataram)
Herlina Pusparini (Universitas Mataram)
Robith Hudaya (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA) Keuangan dalam pengelolaan keuangan desa yang lebih berkualitas. Diharapkan dari penelitian ini dapat menjadi pengetahuan dan pertimbangan bagi seluruh pemangku kepentingan dalam hal pengelolaan keuangan daerah dengan program aplikasi SIMDA Keuangan di pemerintah desa khususnya kelurahan. Model analisis yang digunakan adalah analisis Deskriptif Kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data dikumpulkan melalui proses wawancara langsung dengan para informan menggunakan panduan wawancara, observasi langsung terhadap aktivitas para pegawai Kantor Lurah Gerung Selatan serta studi dokumentasi atas dokumen terkait. Informan dalam penelitian ini sebanyak 3 orang yang terdiri dari Sekretaris Lurah Gerung Selatan, Bendahara Pembantu, dan Kasi Kesra Kantor Lurah Gerung Selatan. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa SIMDA Keuangan hanya memerlukan sekali proses penginputan pada sistem dengan kualitas informasi yang relevan, dapat dibandingkan, dapat dipahami, dan keandalan informasi keuangan. Namun dalam penerapan SIMDA Keuangan di Kantor Lurah Gerung Selatan terdapat beberapa kendala yaitu terjadinya gangguan internet, errornya sistem, dan sukar dalam pembaharuan data.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

risma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

FOKUS Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi memuat tentang semua artikel riset bidang keilmuan Akuntansi. Jurnal ini melayani akademisi, peneliti, dan praktisi dalam dunia akuntansi untuk mempublikasi artikelnya. Jurnal ini bertujuan sebagai wadah untuk publikasi artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi ...