Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi
Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, Juni 2022

ANALISIS TINGKAT PENGEMBALIAN DAN RISIKO INVESTASI (STUDI PADA INDUSTRI FOOD AND BEVERAGES YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019)

Rakha Adicandra (Universitas Mataram)
Eni Indriani (Universitas Mataram)
Yusli Mariadi (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pengembalian (return) maupun risiko investasi dan menganalisis saham-saham yang memiliki tingkat pengembalian dan risiko yang tertinggi pada saham-saham perusahaan food and beverages khususnya perusahaan go public yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Pengujian yang dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dimana sampel yang diambil sebanyak 54 sampel dari 18 populasi perusahaan yang memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan food and beverages tahun 2017-2019 yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia dan Yahoo Finance. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata return selama 3 tahun dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang memiliki return tertinggi adalah PT. Sekar Laut Tbk. (SKLT). Kemudian perhitungan rata-rata tingkat risiko selama 3 tahun dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang memiliki risiko tertinggi adalah PT. Prasidha Aneka Niaga Tbk (PSDN).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

risma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

FOKUS Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi memuat tentang semua artikel riset bidang keilmuan Akuntansi. Jurnal ini melayani akademisi, peneliti, dan praktisi dalam dunia akuntansi untuk mempublikasi artikelnya. Jurnal ini bertujuan sebagai wadah untuk publikasi artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi ...