Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi
Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, Juni 2022

ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN ANTARA SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Kurnia Puji Febriani (Universitas Mataram)
Elin Erlina Sasanti (Universitas Mataram)
Adhitya Bayu Suryantara (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan apakah terdapat perbedaan atau tidak antara kinerja keuangan sebelum dan selama Pandemi COVID-19. Penelitian ini meneliti perusahaan-perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2021. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh tujuh perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Variabel kinerja keuangan menggunakan lima proksi yaitu Current Assets (CR), Debt to Assets Ratio (DAR), Total Assets Turnover (TATO), Return on Assets (ROA), dan Price to Earnings Ratio (PER). Uji normalitas dalam penelitian ini menggunakan metode One Sample Kolmogorov Smirnov Test dan disimpulkan bahwa data tidak berdistribusi normal sehingga digunakan uji beda non-parametrik Mann Whitney Test. Hasil penelitian menemukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada variabel: current ratio, debt to assets ratio, total assets turnover, dan price to earnings ratio; sedangkan terdapat perbedaan yang signifikan antara variabel return on assets antara sebelum dan selama Pandemi COVID-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

risma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

FOKUS Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi memuat tentang semua artikel riset bidang keilmuan Akuntansi. Jurnal ini melayani akademisi, peneliti, dan praktisi dalam dunia akuntansi untuk mempublikasi artikelnya. Jurnal ini bertujuan sebagai wadah untuk publikasi artikel ilmiah dalam bidang Akuntansi ...